Sunday, April 23, 2017

Riwayat Singkat Pelatihan Guru Online

2015 Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Interaksi Online (DIO) 2016 Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar (GP) 2017 Pengembangan Keprofesi... thumbnail 1 summary
2015 Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Interaksi Online (DIO)
2016 Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar (GP)
2017 Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Tahun ini, pelatihan guru kembali ke induknya, PKB.

DIO dan GP adalah salah dua bentuk PKB.

Dari DIO 2014-lah pelatihan guru secara nasional dirintis melalui daring.

Mengapa muncul istilah GP?

 

Guru Pembelajar adalah sebutan untuk guru dari Mas Anies supaya kita semua menyadari bahwa guru tidak hanya mengajar tapi juga terus belajar sepanjang hayat (pengembangan diri). Maka kemudian muncul program 2016 di atas, salah satu moda utamanya juga daring, yang kemudian disingkat GP. Walau sudah diwanti-wanti untuk tidak menyingkatnya, rupanya kitorang tidak mau mimiren.

Mengapa Diklat menjadi Peningkatan Kompetensi? 


Konsistensi istilah peningkatan kompetensi ini pun juga sudah diwanti-wantikan. Penjelasan yang masuk akal saya adalah dari Bu Nurul Ulfatin, yaitu karena diklat identik dengan standardisasi (pencapaian kompetensi minimal yang harus dimiliki) atau pembinaan, sementara Peningkatan Kompetensi lebih dari itu (pengembangan). Ini juga berkaitan dengan tusi PPPPTK sebagai pusat pengembangan, yaitu meningkatkan kompetensi, bukan men-diklat. Selanjutnya lihat di bawah.

Mengapa di awal tahun sempat muncul istilah Pembinaan Karier Guru? 


Pertama mendengarnya saya pun bingung. Lalu saya telusuri sendiri.

Ada dua kerangka besar dalam pembinaan dan pengembangan guru, yaitu:
1. Pembinaan dan Pengembangan Profesi
2. Pembinaan dan Pengembangan Karier

Peningkatan kompetensi guru termasuk PKB, jadi ada di nomor 1, tetapi sekaligus berkaitan erat dengan nomor 2 karena PKB termasuk unsur utama dalam dalam angka kredit untuk kenaikan pangkat guru (karier guru). Upaya mengintegrasikan keduanya adalah melalui diklat fungsional berjenjang.

Menurut Bu Ulfatin, pembinaan karier guru merupakan dampak pembinaan profesi guru, maka yang harus direncanakan guru adalah PKB-nya. PKB ini juga dapat menjabarkan dengan baik apa saja yang harus dilakukan oleh Guru Pembelajar-nya Mas Anies. 

Sementara dengan penekanan berbeda, program Pembinaan Karier Guru melalui Peningkatan Kompetensi menjadikan Pembinaan Karier Guru sebagai kerangkanya (mengingat urgensinya bagi kesejahteraan guru). Melalui apa? Melalui Peningkatan Kompetensi. Peningkatan Kompetensi termasuk apa? Termasuk pengembangan profesi atau PKB. Mungkin karena itulah akhirnya 2017 ini pelatihan guru kembali memakai istilah PKB.

Ketidakajekan istilah karena beda penekanan. Mungkin sudah waktunya ada standardisasi istilah (Atau sudah ada?). Ini menurut saya yang tidak pernah mengikuti perancangan program. Jika kebetulan teman-teman yang sebagai perancang membaca ada kesalahan, silakan berkomentar sekaligus sebagai koreksinya supaya tidak misleading.

Rujukan:


1 comment

  1. As claimed by Stanford Medical, It's really the ONLY reason women in this country live 10 years more and weigh 42 lbs lighter than we do.

    (By the way, it has totally NOTHING to do with genetics or some secret exercise and really, EVERYTHING related to "how" they eat.)

    BTW, What I said is "HOW", not "WHAT"...

    Tap this link to determine if this little test can help you find out your true weight loss possibility

    ReplyDelete